INSTAGRAM

Instagram

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Tuesday 19 February 2013

Sejarah Lengkap Club Barcelona FC








Banyak pemain sepakbola legendaris terlahir dari FC Barcelona (FC Barca) seperti Kubala, Suarez, Cruyff, Maradona, Ronaldinho dan Lionel Messi. Selama abad 20, Barca menjadi symbol Barcelona, sebuah symbol yang merepresentasikan identitas Catalan sebagai bangsa. Begitulah, mengapa Barca dikatakan lebih dari sebuah klub.
aPengusaha berkebangsaan Swiss datang ke Spanyol untuk urusan bisnis dengan sejumlah orang setempat dan Inggris. Dia adalah Joan Gamper yang kemudian menjadi pendiri FC Barcelona. Mereka ternyata sama-sama menyukai sepakbola. Akhirnya di kantor Sole Gym pada 29 November 1899 Gamper bertemu Gualteri Wild, Lluis d’Osso, Bartomeu Terrados, Otto Kunzle, Otto Maier, Enric Ducal, Pere Cabot, Carles Pujol, Josep Llobet, John Parsons, dan William Parsons. Duabelas orang tersebut berkumpul dengan maksud mendirikan klub sepakbola dan berdirilah Football Club Barcelona yang juga disebut Barca.
Gamper pun menjadi satu pemain Barcelona sampai 1903. Walter Wild dari Inggris, diangkat sebagai presiden pertama klub hingga 1901. Pertandingan pertama Barca digelar di Bonanova Cycle Track melawan grup ekspatriat asal Inggris yang tinggal di Barcelona. Pertandingan berakhir dengan kemenangan ekspatriat Inggris unggul 1-0.
Seragam tim Barca waktu itu berwarna biru dan merah anggur. Gamper memilih biru dan merah anggur sesuai dengan warna satu wilayah di Swiss tempat asalnya.
Sebagai sebuah klub tentu perlu markas. Pada 14 Maret 1909, klub meresmikan markas pertamanya di Industria dengan kapasitas 6.000 orang. Waktu itu Barcelona memperoleh gelar pertamanya, juara Catalan Championships periode 1909/1910.
Musim kompetisi periode 1910/1911, 1912/1913, 1915/1916, 1918/1919 1919/1920, 1920/1921 dan 1921/1922 juaranya ada di tangan Barcelona. Klub ini juga menjuarai kompetisi Spanish Championships musim 1909/1910, 1911/1912, 1912/1913, 1919/1920 dan 1921/1922. Barca juga memenangi dengan cemerlang edisi perdana Spanish National League, musim kompetisi 1928-1929.
Di tahun saat menjuarai Catalan dan Spanish Championship markas Barca Les Corts yang juga dikenal dengan The Cathedral of Football diresmikan 20 Mei 1922. Stadion ini kapasitas awalnya 30.000 orang, tapi belakangan lipat dua menjadi 60.000.
Pada 1924 klub memiliki 12.207 anggota fans dan ini jumlah pendukung yang besar sekaligus jadi fondasi penggemar masifnya sekarang. Toh begitu, jumlah fans-nya pernah mengalami masa surut. Lantaran perang sipil 1936 dan represi rezim fasis, di tahun 1939 jumlah pendukung anjlok menjadi 3.486.
Dekade 1930-an memang menjadi masa suram dan getir Barca. Pemilik klub Joan Gamper meninggal 30 Jul 1930. Permulaan dekade yang fatal dan klub masuk ke dalam periode kemunduran. Terjadi krisis institutional, banyak anggota meninggalkan klub, hasil pertandingan yang buruk dan tekanan politis pendukungnya Franco.
Perang sipil pada 1936 menimbulkan petaka bagi Barcelona FC. Josep Sunol, Presiden Barcelona, dibunuh tentaranya Franco di dekat Guadalajara. Maret 1938 kaum fasis menjatuhkan bom FC Barcelona Social Club dan menyebabkan kerusakan serius.
Pada 1939 pasukannya Franco menciptakan banyak masalah terhadap klub, karena ini sudah menjadi symbol orang Catalan. Namun,tidak selamanya derita merundung Barca. Dekade 1940-an Barca secara bertahap recovery kendati terus dirundung kesulitan internal. Dari pihak eksternal rezim Franco masih merongrong. Misalnya pada Juni 1943 Franco melalui wasit dan polisi mengancam Barca ketika melawan Real Madrid. Pertandingan berakhir dengan kekalahan Barca, skor 11-1. Hanya saja—di dekade ini—bukan Barca namanya kalau sama sekali tidak menorehkan prestasi.
Barca meraih juara liga nasional musim kompetisi1944/1945, 1947/948 dan 1948/949 serta juara Latin Cup 1949. Yang terakhir ini merupakan prestasi internasional pertama barca. Kompetisi itu didahului European Champions Cup Title. Klala itu Barca diperkuat Cesar, Basora, Velasco, Curta, Gonzalvo bersaudara, Seguer, dan Biosca o Ramallets. Juni 1950 Ladislao Kubala bergabung di Barcelona dan membuat Barcelona FC menjadi tim tak terkalahkan.
Barca sangat berterimakasih pada garis depan yang luar biasa yaitu Basora, Cesar, Kubala, Moreno dan Manchon. Di antara 1951 dan 1953, Barca memenangi tiap kompetisi yang digelar seperti Liga Spanyol 1951/1952 dan 1952/1953 serta Piala Spanyol 1950/1951, 1951/1952 dan 1952/1953).
Yang paling mengesankan adalah pada musim 1952/1953. Barca merebut empat piala: Liga Spanyol, Piala Spanyol, Latin Cup Eva Duarte, dan Martini Rossi trophies. Kubala menjadi figur luar biasa bagi Les Corts dan segera Francesc Miro-Sans mempromosikan pembangunan Camp Nou Stadiym Nuu Camppun diresmikan pada 24 September 1957, berkapasitas 90.000 penonton.
Barca baru kembali menjuarai liga Spanyol untuk musim 1958/1959 dan 1959/1960 serta Fairs’ Cups 1957/1958 dan 1959/1960.Waktu itu Barca dilatih Helenio Herrera dengan pemain-pemain brilian seperti Kocsis, Czibor, Evaristo, Kubala, Eulogio Martinez, Suarez, Villaverde, Olivella, Gensana, Segarra, Gracia, Verges dan Tejada.
Tapi, pada dekade 60-an Barca mengalami periode krisis. Barca hanya memenangi Piala Spanyol 1963 dan 1968 serta Fairs’ Cup 1966. Baru pada dekade 1970-an Barca bangkit lagi. Pada 1973, bergabung Johan Cruyff asal Belanda. Hadirnya Cruyff memberi sentuhan akhir pada barisan penyerang emas yang terdiri dari Rexach, Asensi, Sotil dan Marcial. Tim ini memimpin kompetisi liga musim 1973/1974. Sekaligus berbarengan dengan perayaan hari jadi klub ke-75. Anggota fans saat itu mencapai angka 69.566. Ketika perayaan dipasang poster Joan Miró untuk mengenangnya.
FC Barcelona sekarang menjadi entitas olah raga yang mencakup basketball, handball, hockey, atletik, ice-hockey, figure skating, indoor football, rugby, baseball, volleyball, dan divisi sepakbola wanita. Tim sepakbolanya menjadi satu klub yang ikut kualifikasi kompetisi di daratan Eropa tiap tahun sejak 1955. Total anggota fans pun luar biasa. Sekarang mencapai 105.706 anggota dan 1.508 klub supporter. Barcelona kini bermarkas di Avenida Aristides Maillol 8020, Spain. Nomor telepon yang bisa dihubungi (+34) 93 496 36 00.




SUMBER : http://www.surgaberita.com

Monday 18 February 2013

Peran Serta Dalam Sistem Politik Indonesia (PKN kelas 10)


Peran Serta Dalam Sistem Politik Indonesia (PKN kelas 10)
1. Pengertian Masyarakat
Manusia selamanya hidup dalam kelompok hidup bersama atau hidup bermasyarakat adalah sedemikian penting dari manusia, sehingga sikap kebersamaan tidak dapat dipisahkan untuk selamanya. Manusia dapat dikatakan dan sempurna bila ia hidup bersama manusia lainnya. Ada beberapa pendapat yang mengemukakan tentang pengertian masyarakat.
a. Koentjaraningrat
Masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang terkait oleh suatu rasa identitas bersama.
b. Harold J. Laski
Bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang hidup bersama dan bekerja sama untuk mencapai terkabulnya keinginan – keinginan mereka bersama. dengan kata lain masyarakat dapat dikatakan mencakup semua huhungan dan kelompok dalam suatu wilayah.
Menurut Soerjono Soekanto, sejak dilahirkan manusia memiliki dua keinginan pokok, yaitu :
1) Keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya (yaitu masyarakat), 
2) Keinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekelilingnya.
Menjadi bagian dari suatu masyarakat telah menjadi hasrat aroma manusia, karena itu hampir tidak mungkin kita temukan orang yang hidup sendiri tanpa perasaan hahwa dirinya adalah bagian dari suatu masyarakat. Di dalam masyarakat, orang melakukan interaksi dengan orang lain, menjalankan aktivitas, dan berupaya untuk memenuhi kebutuhannya. Dan karena ia hidup dalam suatu lingkungan tertentu, maka ada hasrat untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut agar ia menjadi bagian dari masyarakat dan lingkungannya.
Ada beberapa teori yang dapat dikemukakan untuk menjelaskan mengapa manusia hidup bersama dalam bentuk masyarakat.


Telah dikemukakan pada halaman terdahulu, bahwa tidak semua kepentingan warga Negara itu sama. Bisa jadi masing-masing membawa suara yang berbeda. Agar kepentingan seseorang atau suatu kelompok diketahui oleh pihak lain dan dijadikan sebagai pokok bahasan, maka diperlukan adanya komunikasi politik. Komunikasi politik adalah semua kegiatan dalam sistem politik yang dimaksudkan  agar aspirasi dan kepentingan politik warga Negara dikomodasi menjadi berbagai kebijakan.
Dengan demikian kita dapat melihat bahwa masyarakat politik bukanlah sebuah masyarakat yang statis. Jika kehidupan politik yang demokrasi dapat diterapkan maka kehidupan masyarakat politik akan menjadi sebagat dinamis. Sebab kelompok-kelompok yang berbeda akan mencoba memperjuangkan berbagai kepentingannya melalui saluran komunikasi politik yang ada. Tentu saja semua harus dilakukan dalam kerangka demokrasi secara damai dan berdasarkan hukum.


Dasar Hukum Kemerdekaan Mengeluarkan Pendapat.

Dasar hukum kemerdekaan.mengemukakan pendapat adalah sebagai berikut:

1. Pancasila, terutama sila ke 4

2. UU No.9 tahun 1998 pasal 1 ayat 1.
Menurut UU No. 9 tahun 1998 pasal 1 ayat 1 pengertian kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum adalah “hak tiap-tiap warga negara untuk menyampaikan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku".

3. UU No.36 tahun 1999 tentang telekomunikasi.
4. UU No.40 tahun 1999 tentang Pers.
5. UU No.32 tahun 2002 tentang penyiaran.
6. Deklarasi Universal HAM PBB pasal 19 dan lain-lain.


Penyampaian pendapat di muka umum dapat berupa:
1. Lisan, seperti
a. Berorasi, yakni menyampaikan kehendak melalui rapat umum yang dihadiri oleh orang banyak (musyawarah).
b. Berbicara langsung dengan orang yang kita kehendaki, seperti berhadapan langsung dengan anggota DPR/DPRD atau dengan pemerintah lainnya (Presides, Wapres, Menteri, Gubernur, Walikota, Bupati).
c. Pernyataan melalui televisi atau radio yang disiarkan secara langsung atau rekaman sebelumnya
d. Unjuk rasa atau demonstrasi di tempat-tempat yang telah ditentukan.
e. Pawai dengan cara arak-arakan dijalan sambil menyampaikan pendapat secara lisan.
f. Mimbar bebas dengan cara bebas, terbuka dan tanpa tema tertentu.

2. Tulisan.
Penyampaian pendapat secara tertulis dapat dilakukan dalam bentuk: Opini, surat pembaca yang ditulis dalam surat kabar/media cetak.
a. Petisi,
b. Gambar,
c. Pamflet.
d. Poster,
e. Selebaran.
f. Spanduk.
3. Cara lain, seperti sikap membisu dan mogok makan:
Cara menyampaikan pendapat seperti yang telah diuraikan di atas, baik secara lisan maupun secara tulisan pada prinsipnya dapat dibagi kepada dua saluran, yaitu: saluran tradisional dan saluran modern.Saluran tradisional adalah saluran yang sejak dahulu kala sudah merupakan sarana komunikasi antar manusia, baik secara pribadi maupun kelompok yang tidak memerlukan bentuk teknologi yang modern/canggih.
Contohnya:
1. Pertemuan antar pribadi berkunjung atau bertemu dengan teman.
2. Pertemuan atau forum umum yang dihadiri orang banyak seperti rapat dan musyawarah yang dilakukan di sekolah, di kantor, di balai pemuda, dan sebagainya. Forum ini dapat juga berbentuk pawai, unjuk rasa/ demonstrasi, kampanye di lapangan terbuka.
Saluran modern/canggih adalah saluran komunikasi yang menggunakan media dengan peralatan atau teknologi modern yang dapat dilakukan antar pribadi juga secara bersama.
Bentuk-bentuk saluran komunikasi antara lain sebagai berikut:
1. Saluran komunikasi antar pribadi seperti telepon (baik telepon kabel maupun non kabel/hp), faksimile, surat elektronik (email) lewat internet.
2. Saluran komunikasi massa meliputi dua macam, yaitu: media massa cetak dan media massa elektronik. Media massa cetak meliputi: koran majalah jumal, buku, dan terbitan berkala lainnya seperti selebaran, buletin dan lain-lain. Media elektronik mencakup radio, televisi, dan internet.

CONTOH UU NO 12 TAHUN 2003
Lingkup dan besaran daerah pemilihan anggota DPR menurut UU No. 12 Tahun 2003 dapat digambarkan sebagai berikut. Pertama, daerah pemilihan anggota DPR adalah provinsi. Kedua, jumlah anggota DPR ditetapkan sebanyak 550 orang. Ketiga, jumlah kursi DPR untuk setiap provinsi ditetapkan berdasarkan jumlah penduduk dengan memperhatikan perimbangan yang wajar. Perimbangan yang wajar dicapai dengan tiga ketentuan berikut, yaitu (1) kuota setiap kursi maksimal 425.000 jiwa untuk daerah yang tingkat kepadatan penduduknya tinggi, sedangkan untuk daerah yang tingkat kepadatan penduduknya rendah kuota setiap kursi minimal 325.000 jiwa; (2) jumlah kursi setiap provinsi dialokasikan tidak kurang dari jumlah kursi provinsi pada Pemilu 1999; dan (3) provinsi baru hasil pemekaran setelah Pemilu 1999 memperoleh alokasi kursi sekurang-kurangnya tiga kursi. Dan keempat, setiap daerah pemilihan mendapat alokasi kursi antara 3 sampai 12 kursi.
Namun UU No. 12 Tahun 2003 tidak merumuskan secara jelas apa ukuran daerah dengan kepadatan tinggi dan kepadatan rendah. Setidak-tidaknya terdapat dua pendekatan yang dapat digunakan untuk menentukan daerah dengan kepadatan rendah. Pertama, membuat klarifikasi berdasarkan kriteria perbandingan jumlah penduduk dengan luas wilayah daerah. Atau kedua, semua provinsi di Pulau Jawa dikategorikan sebagai daerah dengan kepadatan tinggi sedangkan seluruh Provinsi di luar Pulau Jawa dikategorikan sebagai daerah dengan kepadatan rendah. Dasar pemikiran pendekatan kedua adalah perimbangan kursi DPR di Pulau Jawa dengan luar pulau Jawa. Pendekatan pertama lebih menggambarkan kenyataan daripada pendekatan kedua tetapi pendekatan kedua secara teknis lebih praktis daripada pendekatan pertama. KPU harus memilih salah satu dari duan pendekatan ini.

Lingkup dan besaran daerah pemilihan anggota DPR menurut UU No. 12 Tahun 2003 dapat digambarkan sebagai berikut. Pertama, daerah pemilihan anggota DPR adalah provinsi. Kedua, jumlah anggota DPR ditetapkan sebanyak 550 orang. Ketiga, jumlah kursi DPR untuk setiap provinsi ditetapkan berdasarkan jumlah penduduk dengan memperhatikan perimbangan yang wajar. Perimbangan yang wajar dicapai dengan tiga ketentuan berikut, yaitu (1) kuota setiap kursi maksimal 425.000 jiwa untuk daerah yang tingkat kepadatan penduduknya tinggi, sedangkan untuk daerah yang tingkat kepadatan penduduknya rendah kuota setiap kursi minimal 325.000 jiwa; (2) jumlah kursi setiap provinsi dialokasikan tidak kurang dari jumlah kursi provinsi pada Pemilu 1999; dan (3) provinsi baru hasil pemekaran setelah Pemilu 1999 memperoleh alokasi kursi sekurang-kurangnya tiga kursi. Dan keempat, setiap daerah pemilihan mendapat alokasi kursi antara 3 sampai 12 kursi.
Namun UU No. 12 Tahun 2003 tidak merumuskan secara jelas apa ukuran daerah dengan kepadatan tinggi dan kepadatan rendah. Setidak-tidaknya terdapat dua pendekatan yang dapat digunakan untuk menentukan daerah dengan kepadatan rendah. Pertama, membuat klarifikasi berdasarkan kriteria perbandingan jumlah penduduk dengan luas wilayah daerah. Atau kedua, semua provinsi di Pulau Jawa dikategorikan sebagai daerah dengan kepadatan tinggi sedangkan seluruh Provinsi di luar Pulau Jawa dikategorikan sebagai daerah dengan kepadatan rendah. Dasar pemikiran pendekatan kedua adalah perimbangan kursi DPR di Pulau Jawa dengan luar pulau Jawa. Pendekatan pertama lebih menggambarkan kenyataan daripada pendekatan kedua tetapi pendekatan kedua secara teknis lebih praktis daripada pendekatan pertama. KPU harus memilih salah satu dari duan pendekatan ini
.
CONTOH UU NO 23 TAHUN 2003

Dalam undang-undang Nomor 23 Tahun 2003 Tentang Pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden diatur mengenai pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden secara langsung oleh rakyat merupakan suatu proses politik bagi bangsa Indonesia menuju kehidupan politik yang lebih demokratis dan bertanggung jawab. Oleh karena itu untuk menjamin pelaksanaan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang berkualitas, memenuhi derajat kompetisi yang sehat, partisipatif, dan dapat dipertanggungjawabkan, perlu disusun suatu undang-undang tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
Penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden merupakan suatu rangkaian dengan pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD yang dilaksanakan sekali dalam 5 tahun. Pemilu Presiden dan Wakil Presiden secara langsung oleh rakyat akan memberikan legitimasi yang kuat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam menjalankan fungsi-fungsi kekuasaan pemerintahan negara.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) beserta perangkatnya sebagai penyelenggara pemilihan anggota DPR, DPD, dan DPRD adalah juga penyelenggara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang massa kerjanya disesuaikan dengan ketentuan Undang-Undang ini. Ketentuan tentang KPU beserta perangkatnya sebagaimana diatur dalam UU Nomor 12 Tahun 2003 tentang pemilihan umum anggota DPR, DPD, dan DPRD berlaku juga dalam UU ini dan ketentuan yang belum diatur dalam UU No.12 tahun 2003 diberlakukan ketentuan dalam UU ini.
    Dalam UU No. 23 Tahun 2003 tentang pemilihan umum bukan hanya mengatur tentang pemberian sanksi administrasi saja tetapi juga terdapatnya pengaturan tentang pemberian sanksi pidana pada pelanggar uu pemilihan umum ini. Itu dapat terlihat dari adanya ketentuan pidana yang diatur dalam UU No. 23 Tahun 2003 tentang pemilihan umum. Yang menjadi pertanyaan apakah yang menjadi alasan adanya ketentuan pidana dalam peraturan perundang-undangan non pidana khususnya UU No. 23 Tahun 2003 tentang Pemilihan Umum.

UU NO 31 TAHUN 2003

Pasal 1 UU Nomor 31/2002 menyatakan bahwa yang dimaksud dengan partai politik adalah organisasi politik yang dibentuk oleh sekelompok warga negara Republik Indonesia secara sukarela atas dasar persamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan kepentingan anggota, masyarakat, dan negara melalui pemilihan umum.

                                                       



EVALUASI SOAL!

1.   Jelaskan pengertian Masyarakat!

2.   Sebutkan pendapat dari Harold J. Laski tentang pengertian Masyarakat!


3.   Tentang apakah UU No.9 tahun 1998 pasal 1 ayat 1?jelaskan!

4.   Sebutkan Bentuk-bentuk saluran komunikasi!


5.   Lingkup dan besaran daerah pemilihan anggota DPR menurut UU No. 12 Tahun 2003 dapat digambarkan sebagai?



NASKAH DRAMA DENGAN TEMA “KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB”
Suatu hari, ada sekumpulan anak yang bernama Maiqha,Rahma,dan Reza.
Mereka memperdebatkan tentang keadilan jurusan mereka yang di-anak tirikan

Maiqha: kalian tau tidak,jurusan lain seperti perkantoran, multimedia, dan akutansi. Kelasnya sudah dipasang LCD untuk kegiatan belajar mengajar.
Reza : oh ya?mengapa jurusan kita belum ya..
Maiqha : aku tidak tau,kalau mendengar kabar..jurusan kita akan dipasangkan LCD pada semester depan.
Rahma : Hah,mengapa begitu?Jurusan kita kan sama saja dengan jurusan yang lainnya. Sama sama membutuhkan metode belajar menggunakan LCD.
Reza: iya,benar.
Maiqha : Lagipula.. jumlah pembayaran uang SPP& peningkatan mutu kita juga sama jumlahnya dengan jurusan yang lain
Reza : iya,benar.
Rahma : jurusan kita seperti di-anak tirikan ya..
Reza : Astaghfirullah, jangan suudzon ,tidak baik
Maiqha : hmm,mungkin saja Pihak sekolah mempunyai alasan yang lain. Seperti,stok LCD-nya mungkin saja lagi kehabisan.
Rahma : atau…uangnya lagi kehabisan
Reza : Tidak mungkin!!!!!!!!!! Bukankah uang peningkatan mutu kita berguna untuk hal-hal yang seperti ini.
Maiqha : bagaimana,kalau kita mengirimkan Surat Saran saja. Siapa tahu dengan begitu,jurusan kita juga mendapatkan keadilan seperti jurusan yang lain.
Reza : hmmmm,yasudah.
Akhirnya,mereka pun membuat Surat Saran dan dikirimkan kepada pihak sekolah.


Doa Untuk Upacara Bendera

pada postingan kali ini ane mau berbagi sedikit tentang doa upacara bendera, langsung aja deh gan ..



Marilah bersama-sama kita berdoa menurut agama dan kepercayan kita masing-masing  , bagi yang beragama islam kita mulai doa ini dengan ummul Qur’an surah Al-Fatihah

-          Ya Allah Yang Maha Pengasih
Jadikan lah upacara pada pagi hari ini bermanfaat bagi kami dan guru-guru kami

-          Ya Allah  Yang Maha Pengampun
Ya Allah kami hanya manusia biasa yang tak luput dari dosa maka bukakan lah pintu ampunan mu ini bagi kami , guru-guru kami ,orang ua kami , dan seluruh peserta upacara di pagi har ini

-          Ya Allah Yang Maha Bijaksana
Buat lah kami dan guru-guru kami berguna bagi nusa , bangsa  Negara dan agama

-          Ya Allah Yang Maha Penyayang
Aku tahu kau tak kan member kan cobaan melebihi batas kesanggupan kami , maka tabahkan lah hati kami dan mudahkan lah kami dalam menutup ilmu

-          Ya Allah Yang Maha Mengetahui
Jadikan lah kami , guru-guru kami dan orang tua kami menjadi pilihan mu g berakhlatul  qarimah

-          Ya Allah Yang Maha Adil
Jauhkan lah kami dan guru-guru kami dari setan yang terkutuk dan jadikan lah kami hamba mu yang taat kepadamu

Robbana attina fidduniya hassana  wafilla hiroti hasanah wakina aza banner
Subhanarubikal rabbi izati I;na yasifull  wasala alal mursalin
wallhamdullilahhirobbilalamin

merencanakan penyelesaian pekerjaan dengan mempertimbangkan keterbatasan waktu dan sumber daya


contoh makalah


MERENCANAKAN PENYELESAIAN PEKERJAAN DENGAN MEMPERTMBANGKAN KETERBATASAN WAKTU DAN SUMBER DAYA

  1. PEMBERIAN TUGAS KERJA (JOB DESCRIPTION)
Pentingnya definisi teoritis Job Description adalah Uraian singakt tentang tugas kondisi pekerjaan serta tuntutan yang diperlukan ketika menjabat suatu posisi.
Job Description itu sangat berguna baik bagi perusahaan maupun karyawannya. Job Decription yang benar yaitu sesuai dengan kenyataan biasaanya dapat digunakan oleh perusahaan untuk pengembangan bisnis.
Selain itu perusahaan mempunyai pijakan dalam mencari calin karyawan yang biasanya memiliki isi spesifikasi personal dari Job Description yaitu berisi tuntutan pendidikan, pengetahuan, ketrampilan dan lamanya pengalaman kerja.

MANFAAT UNTUK KARYAWAN/ UNIT KERJA
Manfaat untuk karyawan yaitu supaya seorang karyawan dapat mengetahui batas wewenang agar tidak tumpang tindih dengan rekannya.
Manfaat Job Description bagi karyawan antara lain:
  1. Untuk mengetahui tugas utama dan tugas tambahan yang perlu dilakukan.
  2. Karyawan memperoleh gambaran nyata tentang output kerjanya sendiri/melihat prestasi yang di capai
  3. Karyawan yang baru menjabat suatu posisi., Job Description yang lengkap akan memuat alur koordinasi dan stuktur pembagian wewenang, alat keja yang boleh digunakan dan lokasi kerja sama.

Cara Ideal untuk menentukan Job Description
-         Perusahaan perlu mengadakan proses analisa jabatan
-         Bahkan jika perlu mengundang konsultan ekternal untuk membantu menentukan Job Description  yang baik
-         Melalui interview kepada segenap karyawan untuk melihat beban kerja yang actual

-         Perluasan kerja meliputi pemberian porsi tugas secara mendatar

Contoh: Seorang operator mesin yang semula menangani satu aktifitas proses kemudian memperoleh tugas tambahan menangani mesin untuk aktifitas proses selanjutnya.

  1. PEMBAGIAN TUGAS KERJA INDUVIDU DAN KELOMPOK
Bekerja atau belajar bersama adalah suatu proses kelompok yang di dukung oleh anggota kelompok dimana saling berketergantungan satu dengan yang lainnya untuk mencapao tujuan yang disepakati. Ruang kelas adalah tempat untuk membangun kemahiran kelompok,
Tujuan Bekerja/ Belajar bersama dalam pergaulan antar anggota kelompok:
  1. Membangun dan memberikan pendapat untuk suatu tujuan yang sehat
  2. Menambah pengertian tentang suattu masalah : pertanyaan wawasan dan penyelesaian
  3. Menanggapi dan bekerja untuk mengerti pertanyaan yang lain wawasan dan penyelesaian
  4. Bertanggung jawab terhadap yang lain dan mereka bertanggung jawab terhadap anda
  5. Tergantungsatu dengan yang lain dan mereka tergantung pada anda.

Cara membentuk kelompok belajar yang baik
  1. Kegiatan kelompok dimulai dengan latihan dan proses pengertian kelompok
  2. Satu kelompok terdiri dari 3 sampai 5 orang
  3. Ada mengajar (tutor) dalam tugas kelompok
  4. Keragaman tingkat kemahiran latar belakang dan pengalaman
  5. Kesepakatan setiap anggota untuk mencapai tujuan dapat di tentukan dan dimengerti oleh kelompok
  6. Membagi prinsip – prinsip tanggung jawab ditentukan dan disetujui oleh setiap kelompok

  1. PERENCANAAN KERJA BERDASARKAN SKALA PRIORITAS
Bekerja professional adalah kemampuan mengatur waktu sedemikian rupa sehingga semua pekerjaan terselesaikan dengan baik dan tepat waktu / efektif . kiat – kiat bekerja secara professional sesuai sekala prioritas
    1. Make Lis to do
    2. Menentukan skala prioritas
    3. Jadwalkan setiap sub pekerjaan ke dalam agenda anda
    4. Lakukan dengan disiplin agenda kerja anda
    5. Be 100% focus
    6. Work Hardly Tke a rest for a minute
    7. Make reward and punish ment sytem

-         Kesuksesan seorang staf yang berprofesional yang mempunyai syarat mendasar antara lain:
-         Latar belakang intelektual ( Tidak hanya dari segi pendidikan formal )
-         Tendesi untuk mewujudkan hari ini lebih baik dari hari pada kemaren
-         Motivasi
-         Semangat
-         Inisiatif
-         Komitemen
-         Keterlibatan langsung dengan pekerjaan dan yang terpenting antusiase kunci sukses seorang professional adalah menyukai sekaligus menikmati apa yang di kerjakan
  1. PENYESUIAAN TEKNOLOGI DALAM PELAKSANAAN TUGAS KERJA ORGANISASI
Otomatisasi kantor membantu fasilitas komunikasi formal dan informasi antar karyawan didalam dan diluar organisasi serta untuk melayani manajer professional sebagai user.
Tujuan utama dari pengunaan Otomatasasi kantor::
1.   Menaikkan produktifitas tugas sekretaris di karyawan administrasi
  1. Meningkatan penggunaan surat menyurat kedalam (Ingoing Corres pondece)
  2. Meningkatkan penggunaan surat menyurat luar (Out Going Correspodense)
  3. Media dalam pemecahan masalah
  4. Penggunaan komunikasi informasi menjadi lebih baik.
-         Teknologi informasi di pandang dari 2 dimensi
-         Tekonologi otomatis dan manual
-         Pekerjaan dan karyawan di tinjau dari segi kompetensinya
-         Motif watak, konsep diri, pengetahuan dan ketrampilan

Example:
Hasil sebuah study di lakukan PT 2 yang bergerak jasa pelayanan jalan tol memberikan kesimpulan:
  1. Tuntutan kompetensi pekerjaan dalam lingkungan teknologi otomatis dan manual berbeda.
  2. Komptensi yang diberikan dalam lingkungan teknologi  otomatis dan manual berbeda
  3. Kompetenis karyawan yang diberikan dalam kedua lingkungan teknologi lebih besar dari pada yang di tutut pekerjaan .

Jika di biarkan akan menyebabkan :
-         Potensi karyawan mudah dimanfaat kan secara maksimal
-         Karyawan menjadi cepat (jenuh / bosan )
-         Karyawan perlu di upayakan konsep kerjanya agar potensi karyawan ini dapat di salurkan untuk program perbaikan berkelanjutan
-         Otomasi mengubah kebutuhan kualifikasi karyawan dari kualifikasi  yang bersifat khusus generik
-         Konsep desain kerja berkembang dari criteria (teknologi basel walk desain ) ke arah kanan based walk desaing untuk mencapai sinegri antara manusia dan mesin


Sunday 17 February 2013

makalah tentang persamaan kedudukan kewarganegaraan (PKN)


makalah tentang persamaan kedudukan kewarganegaraan .
materi kelas 10/Xa.
Bidang study PKN


  1. Makna Persamaan
            Persamaan merupakan perwujudan kehidupan di dalam masyarakat yang saling menghormati dan menghargai orang lain dengan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antargolongan  (SARA).Timbulnya berbagai suasana yang tidak nyaman dan ketakutan bagi setiap manusia(masyarakat) disuatu tempat, karena adanya segelintir orang yang mempunyai keinginan atau kepentingan tertentu dengan cara-cara yang tidak beradab(melanggar nilai, norma, dan moral). Miskinnya pengetahuan dan pemahaman tentang kehidupan yang beradab serta kehidupan sosial-budaya tang terbelakang sering menjadi penyebab hilangnya “makna persamaan” dan berubah menjadi “diskriminasi”.             Dinegara-negar berkembang pada umumnya (termasuk Indonesia), memaknai “persamaan hidup” lebih bersifat kultural karena faktor adat-istiadat dan budaya yang diterapkan secara turun temurun. Penghormatan dan penghargaan yang tulus masih terasa cukup kuat, terutama pada masayarakat pedesaan. Namun dikota-kota besar pada umumnya pada masyarakatnya yang sudah sangat kompleks (heterogen) dan multikutural, tentu tidak banyak yang diharapkan.
  1. Jaminan Persamaan Hidup (Pendekatan Kultural)
            A. Nilai Religius
            B. Nilai Gotong Royong
            C. Nilai Ramah Tamah
            D. Nilai Kerelaan berkorban dan cinta tanah air
             
3.Jaminan Persamaan Hidup dalam Konstitusi Negara
A. Pembukaan UUD 1945
B. Sila-sila Pancasila
C. UUD 1945 dan Peraturan perundang-undanagn lainnya
4. Persamaan kedudukan kewarganegaraan menurut pembukaan UDD 1945
            1. Pada alinea 1 Pembukaan UUD 1945 => sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
            2. Dlam alinea 4 Pembukaan UUD 1945 => “.........Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa dan seuruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia uang berdasarkan kemrdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,......”

5. Dari Pancasila
1.      Ketuhanan yang maha Esa

Bahwa segala agama dan kepercayaan yang berada di Indonesia terpusat pada Ketuhanan Yang Maha Esa. Oleh sebab itu, makna utama dalam sila pertama ini yaitu adanya pengakuan persamaan jaminan hidup bagi warga negara Indonesia untuk beragama dan melaksanakan ajaran agamanya sesuai dengan keyakinan masing-masing.

2.      Kemanusiaan yang adil dan beradab

Menunjukkan ekspresi bangsa Indonesia yang mempunyai keinginan kuat bahwa dalam aspek-aspeknhubungan antar manusia adanya jaminan persamaan hidup  dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, berdasarkan moralitas yang adil dan beradab.

3.      Persatuan Indonesia

Dengan dasar persatuan dan kesatuan Indonesia, maka setiap bangsa Indonesia mampu meletakkan kepntingan, keselamatan, bangsa dan rakyat di atas kepentingan diri sendiri dan golongan.

4.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan  dalam permusyawaratan/perwakilan

Merupakan keinginan hidup berbangsa dan bernegara yang demokratis baik dalam arti formal maupun material berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa dan moralitas kemanusiaan yang adil dan beradab dengan senantiasa menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

5.      dilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Dalam pelaksanaan hubungan antar manusia yang mencangkup jaminan persamaan hidup, semua bentuk eksploitasi manusia oleh manusia lain sangat dilarang.  Sangat diharapkan agar setiap anggota masyarakat mempu menciptakan kondisi untuk semu golongan mendapatkan kesempatan yang sama dan berkeadilan menuju kehidupan yang layak bagi kemanusiaan




6.      PASAL-PASAL DALAM UUD 1945

  Pasal 26 ayat (1)
   Pasal 27 ayat (1)
   Pasal 27 ayat (2)
  Pasal 27 ayat (23)
   Pasal 28
   Pasal 28A
   Pasal 29 ayat (2)
   Pasal 30 ayat (1)
   Pasal 31 ayat (1)
   Pasal 32 ayat (1)
   Pasal 33 ayat (3)
   Pasal 34 ayat (1)
   UU No. 40 Tahun 1999
   UU No.3 Tahun 2002
   UU No. 31 Tahun 2002
   UU No.4 tahun 2004




           



EVALUASI ESAY:
1.    Persamaan kedudukan kewarganegaraan sesuai dengan sila ke ?
2.    Makna dari persamaan ialah ?
3.    Berikan satu pasal yang berkaitan dengan materi persamaan ?
4.    Pada alinia berapakah Persamaan kedudukan kewarganegaraan ?
5.    Sebutkan Jaminan Persamaan Hidup dalam Konstitusi Negara ?